Perangkat Pembelajaran


SILABUS

SILABUS

 

Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Purwakarta

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : XI / 1

Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dengan teknik dan nilai nilai yang

terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

1.1 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri **)

Sepak Bola

-  Formasi penyerangan sepak bola

-  Formasi pertahanan sepak bola

-    Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa merancang berbagai formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pertahanan

-    Siswa melakukan permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan formasi yang telah mereka tentukan

 

 

 

 

 

-    Memahami formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pola pertahanan sepak bola

-    Merancang berbagai formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan

-    Merancang berbagai formasi, bentuk, dan strategi pola pertahanan

-    Menggunakan formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pola pertahanan

-    Memperlihatkan nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku PenjasOrkes SMA Kelas XI

- LKS

- Lapangan sepakbola

- Gawang sepak bol

- Bola sepak

- Pluit

- Stopwatch

- Corong

 

Bola Voli

-  Formasi penyerangan bola voli

-  Formasi defensif

-    Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa merancang berbagai formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pertahanan

-    Siswa melakukan permainan bola voli yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan formasi yang telah mereka tentukan

 

 

 

 

 

-    Memahami formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pola pertahanan bola voli

-    Merancang berbagai formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan

-    Merancang berbagai formasi, bentuk, dan strategi pola pertahanan

-    Menggunakan formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pertahanan bola voli

-    Memperlihatkan nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku PenjasOrkes SMA Kelas XI

- LKS

- Lapangan Bola Voli

- Net

- Bola Voli

- Pluit

 

Bola Basket

-  Pola Penyerangan

-  Pola bertahan

-    Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa merancang berbagai formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pertahanan

-    Siswa melakukan permainan bola basket yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan formasi yang telah mereka tentukan

 

 

 

 

-    Memahami formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pola pertahanan bola basket

-    Merancang berbagai formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan

-    Merancang berbagai formasi, bentuk, dan strategi pola pertahanan

-    Menggunakan formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pertahanan bola basket

-    Memperlihatkan nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku PenjasOrkes SMA Kelas XI

- LKS

- Lapangan Bola Basket

- Bola Basket

- Pluit

- Stopwatch

 

Bola Tangan

-  Pola Penyerangan

-  Pola bertahan

-    Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa merancang berbagai formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pertahanan

-    Siswa melakukan permainan bola tangan yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan formasi yang telah mereka tentukan

 

 

 

 

-    Memahami formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pola pertahanan bola tangan

-    Merancang berbagai formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan

-    Merancang berbagai formasi, bentuk, dan strategi pola pertahanan

-    Menggunakan formasi, bentuk dan strategi pola penyerangan dan pertahanan bola tangan

-    Memperlihatkan nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

4x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Lapangan Bola tangan

- Bola tangan

- Pluit

- Stopwatch

1.2 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola kecil secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, kerja keras dan percaya diri**)

Softball

-  Formasi permainan softball

-    Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar formasi permainan soft ball

-    Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa memperagakan permainan softball dengan menekankan tugas dan tanggungjawab pemain sesuai dengan posisinya.

-    Memahami berbagai formasi, bentuk dan strategi dalam permainan softball

-    Menggunakan berbagai formasi, bentuk dan strategi dalam permainan softball

-    Memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur (fairplay) dalam perminan

-    Tes perbuatan

-    Tugas

4x45

- Buku Penjasorkes SMA kelas XI

- LKS

- Lapangan softball

- Bola softball

- Glove

- Batt

- Pluit

 

Bulutangkis

-  Taktik dan strategi permainan tunggal

-  Taktik dan strategi permainan ganda

-  Taktik dan strategi permainan ganda campuran

-    Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar taktik dan strategi permainan bulutangkis

-    Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok, siswa melakukan permainan bulutangkis nomor tunggal

-    Siswa menentukan pasangannya masing-masing untuk melakukan permainan bulutangkis nomor ganda

-    Secara berpasangan putra-putri masing-masing melakukan permainan bulutangkis nomor ganda campuran

-    Memahami taktik dan strategi permainan bulutangkis

-    Menerapkan taktik dan strategi permainan tunggal

-    Menerapkan taktik dan strategi permainan ganda

-    Menerapkan taktik dan strategi permainan ganda campuran

-    Memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur (fairplay) dalam permainan

-    Tes Perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Lapangan bulutangkis

- Shuttlecock

- Raket

1.3 Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **)

-  Nomor lompat tinggi gaya guling perut

-    Siswa menyimak nomor-nomor pertandingan atletik dan konsep dasar teknik lompat tinggi gaya guling perut

-    Siswa secara klasikal melakukan pemanasan yang bertujuan untuk meningkatkan daya ledak otot tungkai

-    Secara bergantian melakukan latihan lompat tinggi gaya streadle dari ketinggin yang rendah kemudian perlahan tingginya dinaikan secara bertahap

-    Latihan dilakukan dengan prosedur berdiri dengan satu kaki dibelakang kemudian bertolak vertikal, dengan awalan 8 langkah, 4 langkah terakhir harus lebar, 45-55 derajat dari mistar, tolakan kaki tumpu harus kuat setelah mencapai mistar badan digulingkan kekiri dengan kepala dahulu melewati mistar sedangkan mendarat terlebih dahulu punggung

-    Memahami nomor-nomor pertandingan atletik

-    Memahami konsep dasar teknik lompat tinggi gaya guling perut

-    Melakukan teknik dalam nomor lompat tinggi gaya guling perut (streaddle)

-    Memperlihatkan nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

-    Tes Perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Tiang 2 bh

- Karet elastis

- Matras

- Meteran

- Pluit

 

-  Nomor tolak peluru gaya menyamping

-    Siswa menyimak konsep dasar teknik tolak peluru gaya menyamping

-    Siswa menyimak dan memperagakan cara memegang dan melakukan latihan untuk meningkatkan power lengan

-    Secara bergantian siswa berlatih menolak peluru gaya menyamping tanpa awalan dengan cara; memegang peluru di pangkal jari dengan 3 jari dibelakang, peluru diletakan dekat leher siku diangkat sejajar bahu, menolak peluru dengan meluruskan sikut diikuti diluruskan badan sebagai daya dorong

-    Secara bergantian siswa berlatih menolak peluru dengan awalan

-    Memahami konsep dasar teknik tolak peluru

-    Melakukan teknik tolak peluru gaya menyamping

-    Memperlihatkan nilai kerjasama, keujuran, menghargai, semangat dan percaya diri

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Peluru

- Meteran

- pluit

1.4 Mempraktikkan keterampilan teknik penyerangan salah satu permainan olahraga bela diri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri**)

 

-  Teknik serangan tangan

-  Teknik menghindar dari serangan tangan

-  Gerakan serang hindar secara berpasangan

-    Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar teknik penyerangan dan menghindar dengan menggunakan tangan

-    Berlatih secara klasikal berbagai teknik pukulan menggunakan kepalan tangan, telapak tangan, dan sikut

-    Berpasangan berlatih pukulan dan teknik menghindar menggunakan tangan, terdiri dari pukulan depan lintasan lurus, dibantu pergerakan bahu putaran pinggang, pukulan sangkol/bandul dengan posisi tangan ditekuk 90 derajat, lintasan dari ayunan bawah, pukulan lingkar lintasannya dari samping luar ke dalam tubuh, pukulan samping menggunakan punggung tangan.

-    Berpasangan melakukan latihan gerak serang hindar

-    Memahami konsep dasar teknik penyerangan dan menghindar dengan menggunakan tangan

-    Melakukan teknik penyerangan dengan menggunakan tangan

-    Melakukan teknik menghindar dari serangan dengan menggunakan tangan

-    Melakukan gerak serang hindar secara berpasangan

-    Memperlihatkan nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri.

-    Tes Perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- Stopwatch

- Pluit

- Target pukulan

Standar Kompetensi: 2. Mempraktikkan aktivitas pengembangan untuk meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara

pengukurannya dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

-  Latihan kebugaran jasmani

-    Sirkuit training: kelincahan, power, dan daya tahan

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar latihan kelincahan , power dan daya tahan

-   Secara bergantian berlatih untuk meningkatkan kelincahan dengan lari bolak-balik, lari zigzag, lari membuat angka 8.

-   Berlatih step pada bangku swedia untuk meningkatkan power tungkai

-   Melakukan squatjump selama 30 detik, dilakukan sebanyak 5 set.

-   Melatih berbagai latihan untuk meningkatkan power menggunakan berbagai peralatan di fitness center

-   Melakukan latihan untuk meningkatkan daya tahan dengn cara lari piramid mulai dari jarak 400 meter, 500 meter, 600 meter, 500 meter, 400 meter secara berkelompok

-    Memahami konsep dasar latihan kelincahan, power, dan daya tahan

-    Melakukan berbagai bentuk latihan kelicahan

-    Melakukan berbagai bentuk latihan power

-    Melakukan berbagai bentuk latihan daya tahan

-    Memperlihatkan nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku PenjasOrkes SMA Kelas XI

- LKS

- Stop watch

- Bangku swedia

- Pluit

- Track lari

- Kapur

- Meteran

2.2 Mempraktikkan tes untuk kelincahan, power dan daya tahan dalam kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

-  Tes dan pengukuran kebugaran jasmani

-  Tes kelincahan

-  Tes power

-  Tes daya tahan

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani

-   Secara berkelompok siswa mengukur kelincahan, power dan daya tahan.

-   Melaporkan hasil pengukuran dalam bentuk laporan kelompok

-    Menerapkan konsep dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani

-    Mengukur kelincahan

-    Mengukur power

-    Mengukur daya tahan

-    Memperlihatkan nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Stopwatch

- Pluit

- Kapur

- Track lari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi: 3. Mempraktikkan keterampilan senam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

3.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman

-  Rangkaian senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk dengan bantuan temannya

-   Secara bergantian dan bantuan temannya siswa melakukan latihan berguling depan dan belakang dilanjutkan dengan lenting tengkuk dengan mengutamakan keselamatan

-    Memahami konsep dasar rangkaian senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk dengan bantuan temannya

-    Melakukan rangkaian senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk dengan bantuan temannya

-    Memperlihatkan nilai percaya diri, kerjaasama, tanggung jawab, menghargai teman

-    Tes perbuatan

-    Tugas

1x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Matras

3.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama dan tanggung jawab

 

-  Rangkaian senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk

-   Melakukan latihan berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk dengan mengutamakan keselamatan

-    Memahami konsep dasar rangkaian senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk

-    Melakukan rangkaian senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk

-    Memperlihatkan nilai percaya diri, kerjaasama, tanggung jawab, menghargai teman

-    Tes perbuatan

-    Tugas

1x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Matras

 


Standar Kompetensi: 4. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi dan nilai nilai yang terkandung di

dalamnya

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

4.1 Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak lanjutan serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan dan estetika

-  Rangkaian senam aerobik

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar gerakan senam aerobik

-   Berlatih gerakan lengan, langkah pada keterampilan senam aerobik secara bergantian

-   Berlatih merangkai gerak senam aerobik secara berkelompok terdiri dari; satu langkah kanan atau kiri, dua langkah kanan atau kiri, satu langkah ke depan dan ke belakang, dua langkah kedepan dan dua langkah ke kiri.

-    Memahami konsep dasar gerakan senam aerobik

-    Merangkai gerakan senam aerobik secara berkelompok

-    Memperlihatkan nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45 (tentatif)

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Tape

- Kaset

4.2 Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai disiplin, toleransi,kerja sama, keluesan dan estetika

-  Rangkaian senam aerobik

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar gerakan senam aerobik

-   Berlatih gerakan lengan, langkah pada keterampilan senam aerobik secara bergantian

-   Berlatih merangkai gerak senam aerobik secara berkelompok terdiri dari; satu langkah kanan atau kiri, dua langkah kanan atau kiri, satu langkah ke depan dan ke belakang, dua langkah kedepan dan dua langkah ke kiri.

-    Memahami konsep dasar gerakan senam aerobik

-    Merangkai gerakan senam aerobik secara berkelompok

-    Memperlihatkan nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45 (tentatif)

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Tape

- Kaset

 

Standar Kompetensi: 5. Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

5.1 Mempraktikkan keterampilan salah satu gaya renang untuk pertolongan serta nilai disiplin, keberanian, kerja sama, dan kerja keras

-  Water trapen

-  Renang gaya bebas

-  Renang pertolongan

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar renang pertolongan dan gerakan water trapen serta teknik renang gaya bebas

-   Secara bergantian latihan gerakan water trapen

-   Berlatih renang gaya bebas untuk menunjang kemampuan menolong dalam pertolongan di air

-   Bagi siswa yang sudah mampu melakukan renang gaya bebas selanjutnya berlatih berenang dengan membawa korban

-    Memahami konsep dasar renang pertolongan dan gerakan water trapen

-    Melakukan gerakan renang water trapen

-    Melakukan keterampilan renang pertolongan dengan menggunakan gaya bebas

-    Memperlihatkan nilai disiplin, keberanian, kerjasama, dan kerja keras

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45 (tentatif)

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Stopwatch

- Kolam renang

5.2 Melakukan keterampilan loncat indah dari papan satu meter dengan teknik serta nilai disiplin, keberanian dan kerja keras

-  Loncat Indah

-   Menyimak penjelasan tentang konsep dasar teknik loncat

-   Secara bergantian berlatih melakukan loncat indah dari pinggir kolam dengan gaya paku, berdiri di pinggir kolam, kedua lengan diayunkan ke atas depan ketika mengangkat satu kaki, saat kedua lengan diturunkan diikuti kaki rapat lutut ditekuk, kemudian ayunkan kembali kedua lengan kedepan bersamaan lutut diluruskan, ketika melompat di atas posisi badan lurus, kaki rapat dan kedua lengan di samping badan

-   Berlatih secara bergantian siswa melakukan keterampilan loncat indah dari ketinggian satu meter mendarat dengan kedua kaki rapat lurus

-   Berlatih secara bergantian siswa melakukan keterampilan loncat indah dari ketinggian satu meter mendarat dengan kedua lengan lurus rapat

-    Memahami konsep dasar teknik loncat indah

-    Melakukan loncat indah dari posisi berdiri di pinggir kolam

-    Melakukan keterapilan lincat indah dari ketinggian satu meter mendarat dengan kedua kaki rapat

-    Melakukan keterampilan loncat indah dari satu meter mendarat dengan kedua lengan lurus rapat

-    Memperlihatkan nilai disiplin, keberanian, dan kerja keras

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45 (tentatif)

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Stopwatch

- Kolam renang

 

Standar Kompetensi: 6. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

6.1 Memahami bahaya HIV/Aids

-  Bahaya HIV/Aids

-   Setelah dibagi kelompok diberikan tugas untuk mencari informasi tentang HIV/Aids

-   Mendiskusikan hasil perolehan informasi tentang bahaya yang diakibatkan oleh HIV/Aids.

-    Mendefinisikan pengertian HIV/Aids

-    Mengidentifikasi bahaya yang diakibatkan oleh penularan virus HIV/Aids

-    Tes tertulis

-    Tugas

1x45

- Buku Penjas Orkes SMA Kelas XI

- LKS

6.2 Memahami cara penularan HIV/Aids

-  Cara penularan HIV/Aids

-   Secara berkelompok siswa mengklasifikasikan penyebab penularan HIV/Aids

-   Mendiskusikan hasil perolehan informasi tentang penyebab penularan HIV/Aids

-    Mengklasifikasikan faktor-faktor penyebab penularan HIV/Aids

-    Menjelaskan cara penularan HIV/Aids

-    Tes tertulis

-    Tugas

1x45

- Buku Penjas Orkes SMA Kelas XI

- LKS

6.3 Memahami cara menghindari penularan HIV/Aids

-  Cara menghindari penularan HIV/Aids

-    Siswa mendiskusikan tentang cara-cara menghindari penularan HIV/Aids

-    Mendiskusikan hasil perolehan informasi tentang bahaya yang diakibatkan oleh HIV/Aids

-    Mengidentifikasikan cara menghindari penularan HIV/Aids

-    Tes tertulis

-    Tugas

1x45

- Buku Penjas Orkes SMA Kelas XI

- LKS

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

Drs. Asep Kurnia, M.Pd.

NIP. 19630725 198903 1 006

Purwakarta, Juli 2012

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Apriadi Manan F, S.Pd.

NIP. 19820416 200604 1 008

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Purwakarta

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : XI / 2

Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik , dan

nilai nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

7.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **)

Sepak Bola

-  Taktik dan strategi permainan sepak bola

-   Siswa menyimak penjelasan tentang dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan sepak bola

-   Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok kemudian melakukan permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan pola penyerangan 4-4-2 prinsipnya pemain centerback membantu semua pemain belakang, jadi tidak menjaga satu orang saja

-   Melakukan permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan pola pertahanan 5-3-2 prinsipnya pemain belakang 5 orang, 3 pemain tengah, 2 pemain depan

-    Memahami dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan sepak bola

-    Menerapkan dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan sepak bola

-    Memperihatkan nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Bola sepak

- Lapangan sepak bola

- Pluit

- Stopwatch

- Gawang

 

Bola Voli

-  Taktik dan strategi permainan bola voli

-   Siswa menyimak penjelasan tentang dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola voli

-   Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa melakukan permainan bola voli yang menekankan pembagian tugas sesuai posisinya dengan mempergunakan pola 4 smasher dan 2 set uper, 4 smasher, 1 set uper dan 1 libero, dan 5 smasher dan 1 set uper

-    Memahami dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola voli

-    Menerapkan dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola voli

-    Memperihatkan nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Bola Voli

- Lapangan Bola voli

- Net

- Pluit

 

Bola Basket

-  Taktik dan strategi permainan bola basket dengan menggunakan pola penyerangan dan pertahanan

-    Siswa menyimak penjelasan tentang dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola basket

-    Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa melakukan permainan bola basket yang menekankan pembagian tugas sesuai posisinya dengan menggunakan pola penyerangan 1-2-2, 2-3, dan pertahanan 3-2

-    Memahami dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola basket

-    Menerapkan dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola basket

-    Memperihatkan nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Bola Basket

- Lapangan basket

- Pluit

- Stopwatch

 

Bola Tangan

-  Taktik dan strategi permainan bola tangan

-    Siswa menyimak penjelasan tentang dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola tangan

-    Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok siswa melakukan permainan bola tangan yang menekankan pembagian tugas sesuai posisinya

-    Memahami dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola tangan

-    Menerapkan dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola tangan

-    Memperihatkan nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Bola tangan

- Lapangan tangan

- Pluit

- Stopwatch

7.2. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, toleransi dan percaya diri**)

Softball

-  Taktik dan strategi permainan softball

-    Siswa menyimak penjelasan tentang dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan softball

-    Melakukan permainan softball yang menekankan pembagian tugas sesuai posisinya yaitu memainkan base pertama ketika menerima lemparan dan pemain depan tangan dijulurkan sejauh mungkin, ambilah posisi dekat plat apabila hendak menahan seorang pelari memainkan base kedua dan shortstop, melangkah kebelakang dan berputar pada waktu menangkap bola yang dilempar shortstop, maka penjaga base kedua akan menyentuh base, lalu menarik kaki kembali lalu dilempar ke base satu.

-    Memahami dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan softball

-    Menerapkan dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan softball

-    Memperlihatkan nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, toleransi dan percaya diri

-    Tes perbuatan

-    Tugas

4x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Lapangan softball

- Bola softball

- Glove

- Batt

- Masker

 

Tenis Meja

-  Taktik dan strategi permainan tunggal

-  Taktik dan strategi permainan ganda

-  Taktik dan strategi permainan ganda campuran

-    Siswa menyimak penjelasan tentang dasar-dasar taktik dan strategi perainan tenis meja

-    Secara bergantian siswa bermain tenis meja nomor tunggal

-    Siswa menentukan pasangannya masing-masing untuk bermain tenis meja nomor ganda

-    Siswa menentukan pasangan lawan jenisnya untuk bermain tenis meja nomor ganda campuran

-    Memahami taktik dan strategi permainan tenis meja

-    Menerapkan taktik dan strategi permainan tunggal

-    Menerapkan taktik dan strategi permainan ganda

-    Menerapkan taktik dan strategi permainan ganda campuran

-    Memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur (fairplay) dalam permainan

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA kelas XI

- LKS

- Bat

- Meja Tenis

- Bola tenis meja

- Net

7.3. Mempraktikkan teknik salah atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)

-  Nomor lompat tinggi gaya flop

-    Siswa menyimak penjelasan tentang dasar-dasar teknik lompat tinggi gaya flop

-    Secara bergantian melakukan latihan lompat tinggi gaya flop dari ketinggian yang rendah kemudian perlahan tingginya dinaikan secara bertahap

-    Memahami nomor-nomor pertandingan atletik

-    Memahami konsep dasar teknik lompat tinggi gaya flop

-    Melakukan teknik dalam nomor lompat tinggi gaya flop

-    Memperlihatkan nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Tiang 2

- Tali elastis

- Matras

- Meteran

 

-  Nomor lempar cakram gaya memutar

-    Memahami konsep dasar teknik lempar cakram mulai dari cara memegang,mengayunkan cakram kearah depan dengan putaran searah jarum jam

-    Secara bergantian siswa berlatih melempar cakram menyamping tanpa awalan

-    Secara bergantian siswa berlatih melempar cakram dengan awalan dua kali putaran badan

-    Memahami konsep dasar teknik lempar cakram

-    Melakukan teknik lempar cakram gaya memutar

-    Memperlihatkan nilai kerjasama, keujuran, menghargai, semangat dan percaya diri

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Cakram

- Meteran

7.4. Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu permainan olahraga bela diri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri.**)

-  Teknik serangan kaki

-  Teknik menghindar dari serangan kaki

-  Gerakan serang hindar secara berpasangan

-    Secara klasikal berlatih teknik menendang dengan kaki

-    Secara bergantian berlatih teknik menghindar dari serangan lawan, gerakan menghindar dapat dilakukan dengan hindar kanan dan kiri satu langkah

-    Memahami konsep dasar teknik penyerangan dan menghindar dengan menggunakan kaki

-    Melakukan teknik penyerangan dengan menggunakan kaki

-    Melakukan teknik menghindar dari serangan dengan menggunakan kaki

-    Melakukan gerak serang hindar secara berpasangan

-    Memperlihatkan nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Sasaran tendangan

- Pluit

- Stopwatch

 

Standar Kompetensi: 8. Meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya dan nilai nilai yang terkandung di

dalamnya

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

8.1 Mempraktikkan latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri

 

-  Latihan kebugaran jasmani

 

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani

-   Berlatih dengan menggunakan metode sirkuit training untuk meningkatkan unsur-unsur kebugaran jasmani, terdiri dari yaitu: pos 1 kelincahan, pos 2 ketepatan , pos 3 reaksi, pos 4 kekuatan, pos 5 kelentukan.

-    Memahami konsep dasar latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani

-    Melakukan latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kelincahan

-    Melakukan latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur ketepatan

-    Melakukan latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur reaksi

-    Melakukan latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kekuatan

-    Melakukan latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kelentukan

-    Memperlihatkan nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

1x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Stopwatch

 

8.2 Mempraktikkan peningkatan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

-  Prinsip latihan peningkatan kebugaran

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar penambahan beban latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani

-   Berlatih dengan menggunakan penambahan metode sirkuit training untuk meningkatkan unsur-unsur kebugaran jasmani, terdiri dari yaitu: pos 1 kelincahan, pos 2 ketepatan , pos 3 reaksi, pos 4 kekuatan, pos 5 kelentukan.

-    Memahami konsep dasar penambahan beban latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani

-    Melakukan penambahan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kelincahan

-    Melakukan penambahan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur ketepatan

-    Melakukan penambahan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur reaksi

-    Melakukan penambahan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kekuatan

-    Melakukan penambahan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kelentukan

-    Memperlihatkan nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

1x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Stopwatch

 

8.3 Mempraktikkan tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

-  Tes Kesegaran Jasmani

-    Setelah melakukan pemanasan siswa berkelompok melakukan tes kesegaran jasmani yang tediri dari: lari cepat 50 meter, lompat jauh tanpa awalan, pull up, shuttle run 4 x 10 meter, situp 30 detik, lentuk togok, lari jauh

-    Membuat laporan hasil tes dan pengukuran kebugaran jasmani

-    Memahami tata cara tes dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani

-    Melakukan tes kesegaran jasmani

-    Memperlihatkan nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Stopwatch

- Formulir TKJ

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi: 9. Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan alat dan nilai nilai yang terkandung di

dalamnya

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

9.1 Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman

-  Headspring di atas peti lompat

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar gerakan headspring

-   Secara bergantian siswa mencoba gerakan headspring dengan dibantu oleh temannya

-   Setelah mampu melakukan gerakan headspring dengan bantuan temannya, siswa mencoba gerakan headspring tanpa bantuan temannya

-    Memahami konsep dasar senam lantai headspring

-    Melakukan gerakan senam headspring di atas peti lompat

-    Memperlihatkan nilai percaya diri, kerjaasama, tanggung jawab, menghargai teman

-    Tes perbuatan

-    Tugas

1x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Stopwatch

- Matras

 

9.2 Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan tanpa menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman

-  Handspring

-  Neck spring

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar handspring dan neck spring

-   Setelah melakukan pemanasan siswa berlatih gerakan handstand dengan bantuan temannya

-   Siswa secara berkelompok berlatih gerakan handspring yang tahapan gerakannya sebagai berikut: melakukan awalan satu langkah, disertai lecutan kaki belakang dan kaki tumpu secara berurutan

-   Untuk persiapan gerakan neckspring, siswa terlebih dahulu melakukan gerakan roll depan dan roll belakang

-   Siswa secara berkelompok berlatih gerakan neckspring dengan tahapan sebagai berikut: tidur terlentang, kedua kaki lurus, kedua lengan berada pada sisi badan, angkat kedua kaki ke belakang dan lemparkan kedua kaki ke atas.

-    Memahami konsep dasar senam lantai handspring dan neck spring

-    Melakukan gerakan senam handspring dan neck spring

-    Memperlihatkan nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman

-    Tes perbuatan

-    Tugas

1x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Stopwatch

- Matras

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi: 10. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi yang baik dan nilai yang terkandung

di dalamnya

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

10.1 Mempraktikkan koombinasi gerak berirama menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

-  Rangkaian senam aerobik bervariasi

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar gerakan senam aerobik

-   Secara berkelompok siswa merangkai gerakan senam aerobik dan menampilkannya dengan diikuti oleh teman-temannya

-    Memahami konsep dasar gerakan senam aerobik bervariasi secara berkelompok

-    Merangkai gerakan senam aerobik bervariasi secara berkelompok

-    Memperlihatkan nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45

(tentatif)

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Kaset

- Tape

 

10.2 Merangkai aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

-  Rangkaian senam aerobik bervariasi

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar gerakan senam aerobik

-   Secara berkelompok siswa merangkai gerakan senam aerobik dan menampilkannya dengan diikuti oleh teman-temannya

-    Memahami konsep dasar gerakan senam aerobik bervariasi secara berkelompok

-    Merangkai gerakan senam aerobik bervariasi secara berkelompok

-    Memperlihatkan nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45 (tentatif)

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Kaset

- Tape

 

 

Standar Kompetensi: 11. Mempraktikkan dasar pertolongan kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

11.1 Mempraktikkan keterampilan kombinasi gerakan renang serta nilai disiplin, kerja sama serta keberanian

-  Renang gaya dada

-   Siswa menyimak penjelasan tentang konsep dasar renang gaya dada

-   Secara klasikal siswa melakukan latihan pernapasan di pinggir kolam, yaitu: siswa berdiri di depan dinding kolam kemudian menarik napas yang diambil dari mulut, seluruh kepala masuk kemudian mengeluarkan napas secara pelan-pelan di dalam air melalui hidung

-   Secara bergantian siswa berlatih gerakan kaki renang gaya dada

-   Siswa berlatih mengkombinasikan gerakan kaki dan tangan serta pernapasan.

-    Memahami konsep dasar renang gaya dada

-    Melakukan renang gaya dada

-    Memperlihatkan nilai disiplin, keberanian, kerjasama, dan kerja keras serta keberanian

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45 (tentatif)

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Stopwatch

- Kolam renang

 

11.2 Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin dan tanggungjawab

-  RJP

-  Penyelamatan di air

-   Melakukan renang pertolongan pada kecelakaan di air merupakan keterampilan renang lanjutan, sebagai syarat utama bahwa penyelamat harus menguasai betul berbagai teknik renang khususnya renang gaya dada. Dengan cara memegang korban yang dapat dilakukan dengan satu tangan dari arah belakang korban

-   Melakukan RJP pada korban, yaitu: memindahkan korban ke tempat yang lebih aman, memberikan bantuan RJP bagi korban henti napas dan jantung kemudian menutup korban dengan selimut

-    Memahami konsep dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistem RJP

-    Melakukan pertolongan kecelakaan di air dengan sistem RJP

-    Melakukan penyelamatan kecelakaan di air

-    Memperlihatkan nilai disiplin dan tanggung jawab

-    Tes perbuatan

-    Tugas

2x45 (tentatif)

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Stopwatch

- Kolam renang

 

 

Standar Kompetensi: 12. Mempraktikkan perencanaan dan keterampilan penjelajahan, dan penyelamatan di alam bebas dan nilai-

nilai yang terkandung di dalamnya***)

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

12.1 Mempraktikkan keterampilan merencanakan penjelajahan di perbukitan

-  Penjelajahan di perbukitan

-   Secara berkelompok siswa diberikan tugas untuk mengurus perijinan tentang rencana pendakian di perbukitan

-   Menentukan lokasi yang aman dan nyaman

-   Setiap siswa diberikan tanggung jawab membawa perlengkapan dan logistik yang dibutuhkan penjelajahan di perbukitan

-   Melakukan penjelajahan melewati bukit landai

-    Merencanakan penjelajahan

-    Mengurus perijinan untuk melakukan penjelajahan

-    Memilih lokasi perbukitan yang aman dan nyaman untuk penjelajahan

-    Mengidentifikasi peralatan yang dibutuhkan pada penjelajahan

-    Menentukan kebutuhan logistik yang dibutuhkan pada penjelajahan

-    Melakukan penjelajahan melewati bukit.

-    Tes perbuatan

-    Tugas

4x45 (tentatif)

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Stopwatch

12.2 Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di perbukitan serta nilai disiplin, tanggungjawab dan keselamatan

 

-  Penyelamatan penjelajahan

-   Secara berkelompok siswa mengidentifikasi jenis kecelakaan pada penjelajahan di perbukitan

-   Siswa berlatih melakukan evakuasi korban kecelakaan diperbukitan menggunakan peralatan sederhana

-    Memahami penyelamatan penjelahan di perbukitan

-    Mengidentifikasi jenis kecelakaan pada penjelajahan di perbukitan

-    Melakukan evakuasi korban kecelakaan di perbukitan dengan menggunakan peralatan sederhana

-    Memperlihatkan nilai disiplin, tanggung jawab dan keselamatan

-    Tes perbuatan

-    Tugas

4x45 (tentatif)

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

- Pluit

- Stopwatch

 

 

 

Standar Kompetensi: 13. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

13.1 Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan

-  Pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan

-   Siswa melakukan diskusi kelompok tentang pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan

-   Siswa melakukan diskusi kelompok untuk merumuskan kegiatan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan diantaranya mengidentifikasi jenis makanan yang sehat, cara hidup teratur, rutin berolahraga, menghindari pergaulan yang tidak baik

-    Mendefinisikan pengertian pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan

-    Mengklasifikasikan jenis kegiatan pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan

-    Laporan hasil diskusi

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

13.2 Menerapkan pola hidup sehat

-  Pola Hidup Sehat

-   Melakukan diskusi kelompok, siswa merumuskan daftar kegiatan selama 24 jam

-   Mengkalsifikasi jenis kegiatan yang dapat meningkatkan pola hidup sehat

-    Menyusun daftar kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat

-    Melakukan evaluasi mandiri terhadap rencana kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat

-    Mengenakan pakaian dalam kondisi bersih dan rapih

-    Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan sehat

-    Laporan hasil diskusi

-    makalah

2x45

- Buku Penjasorkes SMA Kelas XI

- LKS

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

Drs. Asep Kurnia, M.Pd.

NIP. 19630725 198903 1 006

Purwakarta, Juli 2012

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Apriadi Manan F, S.Pd.

NIP. 19820416 200604 1 008

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar