SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1
Purwakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
Standar Kompetensi : 1.
Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dengan
teknik dan nilai nilai yang
terkandung
di dalamnya.
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan /
Alat |
1.1 Mempraktikkan keterampilan teknik
bermain salah satu permainan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat dan percaya diri **) |
Sepak Bola - Formasi penyerangan sepak bola - Formasi pertahanan sepak bola |
-
Setelah dibagi menjadi
beberapa kelompok siswa merancang berbagai formasi, bentuk dan strategi pola
penyerangan dan pertahanan -
Siswa melakukan
permainan sepak bola yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai
posisinya berdasarkan formasi yang telah mereka tentukan |
-
Memahami formasi,
bentuk dan strategi pola penyerangan dan pola pertahanan sepak bola -
Merancang berbagai
formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan -
Merancang berbagai
formasi, bentuk, dan strategi pola pertahanan -
Menggunakan formasi,
bentuk dan strategi pola penyerangan dan pola pertahanan -
Memperlihatkan nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku PenjasOrkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Lapangan sepakbola -
Gawang sepak bol -
Bola sepak -
Pluit -
Stopwatch -
Corong |
|
Bola Voli - Formasi penyerangan bola voli - Formasi defensif |
-
Setelah dibagi menjadi
beberapa kelompok siswa merancang berbagai formasi, bentuk dan strategi pola
penyerangan dan pertahanan -
Siswa melakukan
permainan bola voli yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai
posisinya berdasarkan formasi yang telah mereka tentukan |
-
Memahami formasi,
bentuk dan strategi pola penyerangan dan pola pertahanan bola voli -
Merancang berbagai
formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan -
Merancang berbagai
formasi, bentuk, dan strategi pola pertahanan -
Menggunakan formasi,
bentuk dan strategi pola penyerangan dan pertahanan bola voli -
Memperlihatkan nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku PenjasOrkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Lapangan Bola Voli -
Net -
Bola Voli -
Pluit |
|
Bola Basket - Pola Penyerangan - Pola bertahan |
-
Setelah dibagi menjadi
beberapa kelompok siswa merancang berbagai formasi, bentuk dan strategi pola
penyerangan dan pertahanan -
Siswa melakukan
permainan bola basket yang menekankan
pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan formasi yang telah
mereka tentukan |
-
Memahami formasi,
bentuk dan strategi pola penyerangan dan pola pertahanan bola basket -
Merancang berbagai
formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan -
Merancang berbagai
formasi, bentuk, dan strategi pola pertahanan -
Menggunakan formasi,
bentuk dan strategi pola penyerangan dan pertahanan bola basket -
Memperlihatkan nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku PenjasOrkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Lapangan Bola Basket -
Bola Basket -
Pluit -
Stopwatch |
|
Bola Tangan - Pola Penyerangan - Pola bertahan |
-
Setelah dibagi menjadi
beberapa kelompok siswa merancang berbagai formasi, bentuk dan strategi pola
penyerangan dan pertahanan -
Siswa melakukan
permainan bola tangan yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai
posisinya berdasarkan formasi yang telah mereka tentukan |
-
Memahami formasi,
bentuk dan strategi pola penyerangan dan pola pertahanan bola tangan -
Merancang berbagai
formasi, bentuk, dan strategi pola penyerangan -
Merancang berbagai
formasi, bentuk, dan strategi pola pertahanan -
Menggunakan formasi,
bentuk dan strategi pola penyerangan dan pertahanan bola tangan -
Memperlihatkan nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
4x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Lapangan Bola tangan -
Bola tangan -
Pluit -
Stopwatch |
1.2 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan
olahraga bola kecil secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, kerja keras dan percaya diri**) |
Softball - Formasi permainan softball |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar formasi permainan soft ball -
Setelah dibagi menjadi
beberapa kelompok siswa memperagakan permainan softball dengan menekankan
tugas dan tanggungjawab pemain sesuai dengan posisinya. |
-
Memahami berbagai
formasi, bentuk dan strategi dalam permainan softball -
Menggunakan berbagai
formasi, bentuk dan strategi dalam permainan softball -
Memperlihatkan nilai
pantang menyerah dan jujur (fairplay) dalam perminan |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
4x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA kelas
XI -
LKS -
Lapangan softball -
Bola softball -
Glove -
Batt -
Pluit |
|
Bulutangkis - Taktik dan strategi permainan tunggal - Taktik dan strategi permainan ganda - Taktik dan strategi permainan ganda campuran |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar taktik dan strategi permainan bulutangkis -
Setelah dibagi menjadi
beberapa kelompok, siswa melakukan permainan bulutangkis nomor tunggal -
Siswa menentukan
pasangannya masing-masing untuk melakukan permainan bulutangkis nomor ganda -
Secara berpasangan
putra-putri masing-masing melakukan permainan bulutangkis nomor ganda
campuran |
-
Memahami taktik dan
strategi permainan bulutangkis -
Menerapkan taktik dan
strategi permainan tunggal -
Menerapkan taktik dan
strategi permainan ganda -
Menerapkan taktik dan
strategi permainan ganda campuran -
Memperlihatkan nilai
pantang menyerah dan jujur (fairplay) dalam permainan |
-
Tes Perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Lapangan bulutangkis -
Shuttlecock -
Raket |
1.3 Mempraktikkan keterampilan teknik salah
satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran,
kerja keras dan percaya diri **) |
- Nomor lompat tinggi gaya guling perut |
-
Siswa menyimak
nomor-nomor pertandingan atletik dan konsep dasar teknik lompat tinggi gaya
guling perut -
Siswa secara klasikal
melakukan pemanasan yang bertujuan untuk meningkatkan daya ledak otot tungkai -
Secara bergantian
melakukan latihan lompat tinggi gaya streadle dari ketinggin yang rendah
kemudian perlahan tingginya dinaikan secara bertahap -
Latihan dilakukan
dengan prosedur berdiri dengan satu kaki dibelakang kemudian bertolak
vertikal, dengan awalan 8 langkah, 4 langkah terakhir harus lebar, 45-55
derajat dari mistar, tolakan kaki tumpu harus kuat setelah mencapai mistar
badan digulingkan kekiri dengan kepala dahulu melewati mistar sedangkan
mendarat terlebih dahulu punggung |
-
Memahami nomor-nomor
pertandingan atletik -
Memahami konsep dasar
teknik lompat tinggi gaya guling perut -
Melakukan teknik dalam
nomor lompat tinggi gaya guling perut (streaddle) -
Memperlihatkan nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri. |
-
Tes Perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Tiang 2 bh -
Karet elastis -
Matras -
Meteran -
Pluit |
|
- Nomor tolak peluru gaya menyamping |
-
Siswa menyimak konsep
dasar teknik tolak peluru gaya menyamping -
Siswa menyimak dan
memperagakan cara memegang dan melakukan latihan untuk meningkatkan power
lengan -
Secara bergantian
siswa berlatih menolak peluru gaya menyamping tanpa awalan dengan cara;
memegang peluru di pangkal jari dengan 3 jari dibelakang, peluru diletakan
dekat leher siku diangkat sejajar bahu, menolak peluru dengan meluruskan
sikut diikuti diluruskan badan sebagai daya dorong -
Secara bergantian
siswa berlatih menolak peluru dengan awalan |
-
Memahami konsep dasar
teknik tolak peluru -
Melakukan teknik tolak
peluru gaya menyamping -
Memperlihatkan nilai
kerjasama, keujuran, menghargai, semangat dan percaya diri |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Peluru -
Meteran -
pluit |
1.4 Mempraktikkan keterampilan teknik penyerangan salah satu
permainan olahraga bela diri serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri**) |
- Teknik serangan tangan - Teknik menghindar dari serangan tangan - Gerakan serang hindar secara berpasangan |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar teknik penyerangan dan menghindar dengan
menggunakan tangan -
Berlatih secara
klasikal berbagai teknik pukulan menggunakan kepalan tangan, telapak tangan,
dan sikut -
Berpasangan berlatih
pukulan dan teknik menghindar menggunakan tangan, terdiri dari pukulan depan
lintasan lurus, dibantu pergerakan bahu putaran pinggang, pukulan
sangkol/bandul dengan posisi tangan ditekuk 90 derajat, lintasan dari ayunan
bawah, pukulan lingkar lintasannya dari samping luar ke dalam tubuh, pukulan
samping menggunakan punggung tangan. -
Berpasangan melakukan
latihan gerak serang hindar |
-
Memahami konsep dasar
teknik penyerangan dan menghindar dengan menggunakan tangan -
Melakukan teknik
penyerangan dengan menggunakan tangan -
Melakukan teknik
menghindar dari serangan dengan menggunakan tangan -
Melakukan gerak serang
hindar secara berpasangan -
Memperlihatkan nilai
kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri. |
-
Tes Perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
Stopwatch -
Pluit -
Target pukulan |
Standar
Kompetensi: 2. Mempraktikkan aktivitas pengembangan
untuk meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara
pengukurannya dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan / Alat |
2.1 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan
kebugaran jasmani serta nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri |
- Latihan kebugaran jasmani -
Sirkuit training: kelincahan,
power, dan daya tahan |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar latihan kelincahan , power dan daya tahan -
Secara bergantian
berlatih untuk meningkatkan kelincahan dengan lari bolak-balik, lari zigzag,
lari membuat angka 8. -
Berlatih step pada
bangku swedia untuk meningkatkan power tungkai -
Melakukan squatjump
selama 30 detik, dilakukan sebanyak 5 set. -
Melatih berbagai
latihan untuk meningkatkan power menggunakan berbagai peralatan di fitness
center -
Melakukan latihan
untuk meningkatkan daya tahan dengn cara lari piramid mulai dari jarak 400
meter, 500 meter, 600 meter, 500 meter, 400 meter secara berkelompok |
-
Memahami konsep dasar
latihan kelincahan, power, dan daya tahan -
Melakukan berbagai
bentuk latihan kelicahan -
Melakukan berbagai
bentuk latihan power -
Melakukan berbagai
bentuk latihan daya tahan -
Memperlihatkan nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku PenjasOrkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Stop watch -
Bangku swedia -
Pluit -
Track lari -
Kapur -
Meteran |
2.2 Mempraktikkan tes untuk kelincahan, power dan daya tahan dalam
kebugaran jasmani serta nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri |
- Tes dan pengukuran kebugaran jasmani - Tes kelincahan - Tes power - Tes daya tahan |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani -
Secara berkelompok
siswa mengukur kelincahan, power dan daya tahan. -
Melaporkan hasil
pengukuran dalam bentuk laporan kelompok |
-
Menerapkan konsep
dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani -
Mengukur kelincahan -
Mengukur power -
Mengukur daya tahan -
Memperlihatkan nilai
tanggung jawab, disiplin dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Stopwatch -
Pluit -
Kapur -
Track lari |
Standar
Kompetensi: 3. Mempraktikkan keterampilan senam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan / Alat |
3.1 Mempraktikkan keterampilan
rangkaian senam ketangkasan dengan
menggunakan alat serta nilai percaya
diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman |
- Rangkaian senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk
dengan bantuan temannya |
-
Secara bergantian dan
bantuan temannya siswa melakukan latihan berguling depan dan belakang
dilanjutkan dengan lenting tengkuk dengan mengutamakan keselamatan |
-
Memahami konsep dasar
rangkaian senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk dengan
bantuan temannya -
Melakukan rangkaian
senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk dengan bantuan
temannya -
Memperlihatkan nilai
percaya diri, kerjaasama, tanggung jawab, menghargai teman |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
1x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Matras |
3.2 Mempraktikkan rangkaian senam
lantai tanpa alat serta nilai percaya
diri, kerjasama dan tanggung jawab |
- Rangkaian senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk |
-
Melakukan latihan
berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk dengan mengutamakan keselamatan |
-
Memahami konsep dasar
rangkaian senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk -
Melakukan rangkaian
senam lantai berguling kedepan dilanjutkan lenting tengkuk -
Memperlihatkan nilai
percaya diri, kerjaasama, tanggung jawab, menghargai teman |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
1x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Matras |
Standar Kompetensi: 4. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan
alat dengan koordinasi dan nilai nilai
yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan /
Alat |
4.1 Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak lanjutan serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan
keluwesan dan estetika |
- Rangkaian senam aerobik |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar gerakan senam aerobik -
Berlatih gerakan lengan,
langkah pada keterampilan senam aerobik secara bergantian -
Berlatih merangkai
gerak senam aerobik secara berkelompok terdiri dari; satu langkah kanan atau
kiri, dua langkah kanan atau kiri, satu langkah ke depan dan ke belakang, dua
langkah kedepan dan dua langkah ke kiri. |
-
Memahami konsep dasar
gerakan senam aerobik -
Merangkai gerakan
senam aerobik secara berkelompok -
Memperlihatkan nilai
kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 (tentatif) |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Tape -
Kaset |
4.2 Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik
menggunakan alat serta nilai disiplin,
toleransi,kerja sama, keluesan dan estetika |
- Rangkaian senam aerobik |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar gerakan senam aerobik -
Berlatih gerakan lengan,
langkah pada keterampilan senam aerobik secara bergantian -
Berlatih merangkai
gerak senam aerobik secara berkelompok terdiri dari; satu langkah kanan atau
kiri, dua langkah kanan atau kiri, satu langkah ke depan dan ke belakang, dua
langkah kedepan dan dua langkah ke kiri. |
-
Memahami konsep dasar
gerakan senam aerobik -
Merangkai gerakan
senam aerobik secara berkelompok -
Memperlihatkan nilai
kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 (tentatif) |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Tape -
Kaset |
Standar
Kompetensi: 5. Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan /
Alat |
5.1 Mempraktikkan keterampilan salah satu gaya
renang untuk pertolongan serta nilai disiplin, keberanian, kerja sama, dan
kerja keras |
- Water trapen - Renang gaya bebas - Renang pertolongan |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar renang pertolongan dan gerakan water trapen
serta teknik renang gaya bebas -
Secara bergantian
latihan gerakan water trapen -
Berlatih renang gaya
bebas untuk menunjang kemampuan menolong dalam pertolongan di air -
Bagi siswa yang sudah
mampu melakukan renang gaya bebas selanjutnya berlatih berenang dengan
membawa korban |
-
Memahami konsep dasar
renang pertolongan dan gerakan water trapen -
Melakukan gerakan
renang water trapen -
Melakukan keterampilan
renang pertolongan dengan menggunakan gaya bebas -
Memperlihatkan nilai
disiplin, keberanian, kerjasama, dan kerja keras |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 (tentatif) |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Stopwatch -
Kolam renang |
5.2 Melakukan keterampilan
loncat indah dari papan satu meter dengan teknik serta nilai disiplin, keberanian dan
kerja keras |
- Loncat Indah |
-
Menyimak penjelasan
tentang konsep dasar teknik loncat -
Secara bergantian
berlatih melakukan loncat indah dari pinggir kolam dengan gaya paku, berdiri
di pinggir kolam, kedua lengan diayunkan ke atas depan ketika mengangkat satu
kaki, saat kedua lengan diturunkan diikuti kaki rapat lutut ditekuk, kemudian
ayunkan kembali kedua lengan kedepan bersamaan lutut diluruskan, ketika
melompat di atas posisi badan lurus, kaki rapat dan kedua lengan di samping
badan -
Berlatih secara
bergantian siswa melakukan keterampilan loncat indah dari ketinggian satu
meter mendarat dengan kedua kaki rapat lurus -
Berlatih secara
bergantian siswa melakukan keterampilan loncat indah dari ketinggian satu meter mendarat
dengan kedua lengan lurus rapat |
-
Memahami konsep dasar
teknik loncat indah -
Melakukan loncat indah
dari posisi berdiri di pinggir kolam -
Melakukan keterapilan
lincat indah dari ketinggian satu meter mendarat dengan kedua kaki rapat -
Melakukan keterampilan
loncat indah dari satu meter mendarat dengan kedua lengan lurus rapat -
Memperlihatkan nilai
disiplin, keberanian, dan kerja keras |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 (tentatif) |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Stopwatch -
Kolam renang |
Standar
Kompetensi: 6. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan /
Alat |
6.1 Memahami
bahaya HIV/Aids |
- Bahaya HIV/Aids |
-
Setelah dibagi
kelompok diberikan tugas untuk mencari informasi tentang HIV/Aids -
Mendiskusikan hasil
perolehan informasi tentang bahaya yang diakibatkan oleh HIV/Aids. |
-
Mendefinisikan
pengertian HIV/Aids -
Mengidentifikasi
bahaya yang diakibatkan oleh penularan virus HIV/Aids |
-
Tes tertulis -
Tugas |
1x45 |
-
Buku Penjas Orkes SMA
Kelas XI -
LKS |
6.2 Memahami
cara penularan HIV/Aids |
- Cara penularan HIV/Aids |
-
Secara berkelompok
siswa mengklasifikasikan penyebab penularan HIV/Aids -
Mendiskusikan hasil
perolehan informasi tentang penyebab penularan HIV/Aids |
-
Mengklasifikasikan
faktor-faktor penyebab penularan HIV/Aids -
Menjelaskan cara
penularan HIV/Aids |
-
Tes tertulis -
Tugas |
1x45 |
-
Buku Penjas Orkes SMA
Kelas XI -
LKS |
6.3 Memahami
cara menghindari penularan HIV/Aids |
- Cara menghindari penularan HIV/Aids |
-
Siswa mendiskusikan
tentang cara-cara menghindari penularan HIV/Aids -
Mendiskusikan hasil
perolehan informasi tentang bahaya yang diakibatkan oleh HIV/Aids |
-
Mengidentifikasikan
cara menghindari penularan HIV/Aids |
-
Tes tertulis -
Tugas |
1x45 |
-
Buku Penjas Orkes SMA
Kelas XI -
LKS |
Mengetahui, Kepala Sekolah Drs. Asep Kurnia,
M.Pd. NIP. 19630725 198903
1 006 |
Purwakarta, Juli 2012 Guru Mata
Pelajaran Apriadi Manan
F, S.Pd. NIP. 19820416
200604 1 008 |
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1
Purwakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 2
Standar Kompetensi : 7.
Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan
teknik dan taktik , dan
nilai
nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan /
Alat |
7.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah
satu permainan olahraga bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **) |
Sepak Bola - Taktik dan strategi permainan sepak bola |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun
pertahanan sepak bola -
Siswa dibagi kedalam
beberapa kelompok kemudian melakukan permainan sepak bola yang menekankan
pembagian tugas para pemain sesuai posisinya berdasarkan pola
penyerangan 4-4-2 prinsipnya pemain
centerback membantu semua pemain belakang, jadi tidak menjaga satu orang saja -
Melakukan permainan
sepak bola yang menekankan pembagian tugas para pemain sesuai posisinya
berdasarkan pola pertahanan 5-3-2 prinsipnya pemain belakang 5 orang, 3
pemain tengah, 2 pemain depan |
-
Memahami dasar-dasar
strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan sepak bola -
Menerapkan dasar-dasar
strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan sepak bola -
Memperihatkan nilai
kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Bola sepak -
Lapangan sepak bola -
Pluit -
Stopwatch -
Gawang |
|
Bola Voli - Taktik dan strategi permainan bola voli |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun
pertahanan bola voli -
Setelah dibagi menjadi
beberapa kelompok siswa melakukan permainan bola voli yang menekankan
pembagian tugas sesuai posisinya dengan mempergunakan pola 4 smasher dan 2
set uper, 4 smasher, 1 set uper dan 1 libero, dan 5 smasher dan 1 set uper |
-
Memahami dasar-dasar
strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola voli -
Menerapkan dasar-dasar
strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola voli -
Memperihatkan nilai
kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Bola Voli -
Lapangan Bola voli -
Net -
Pluit |
|
Bola Basket - Taktik dan strategi permainan bola basket dengan menggunakan pola
penyerangan dan pertahanan |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun
pertahanan bola basket -
Setelah dibagi menjadi
beberapa kelompok siswa melakukan permainan bola basket yang menekankan
pembagian tugas sesuai posisinya dengan menggunakan pola penyerangan 1-2-2,
2-3, dan pertahanan 3-2 |
-
Memahami dasar-dasar
strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola basket -
Menerapkan dasar-dasar
strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola basket -
Memperihatkan nilai
kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Bola Basket -
Lapangan basket -
Pluit -
Stopwatch |
|
Bola Tangan - Taktik dan strategi permainan bola tangan |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun
pertahanan bola tangan -
Setelah dibagi menjadi
beberapa kelompok siswa melakukan permainan bola tangan yang menekankan
pembagian tugas sesuai posisinya |
-
Memahami dasar-dasar
strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola tangan -
Menerapkan dasar-dasar
strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan bola tangan -
Memperihatkan nilai
kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Bola tangan -
Lapangan tangan -
Pluit -
Stopwatch |
7.2. Mempraktikkan keterampilan bermain
salah satu permainan olahraga bola kecil serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja
keras, toleransi dan percaya diri**) |
Softball - Taktik dan strategi permainan softball |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan maupun
pertahanan softball -
Melakukan permainan
softball yang menekankan pembagian tugas sesuai posisinya yaitu memainkan
base pertama ketika menerima lemparan dan pemain depan tangan dijulurkan
sejauh mungkin, ambilah posisi dekat plat apabila hendak menahan seorang
pelari memainkan base kedua dan shortstop, melangkah kebelakang dan berputar
pada waktu menangkap bola yang dilempar shortstop, maka penjaga base kedua
akan menyentuh base, lalu menarik kaki
kembali lalu dilempar ke base satu. |
-
Memahami dasar-dasar
strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan softball -
Menerapkan dasar-dasar
strategi dan taktik penyerangan maupun pertahanan softball -
Memperlihatkan nilai
kerjasama, kejujuran, kerja keras, toleransi dan percaya diri |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
4x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Lapangan softball -
Bola softball -
Glove -
Batt -
Masker |
|
Tenis Meja - Taktik dan strategi permainan tunggal - Taktik dan strategi permainan ganda - Taktik dan strategi permainan ganda campuran |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang dasar-dasar taktik dan strategi perainan tenis meja -
Secara bergantian
siswa bermain tenis meja nomor tunggal -
Siswa menentukan
pasangannya masing-masing untuk bermain tenis meja nomor ganda -
Siswa menentukan
pasangan lawan jenisnya untuk bermain tenis meja nomor ganda campuran |
-
Memahami taktik dan
strategi permainan tenis meja -
Menerapkan taktik dan
strategi permainan tunggal -
Menerapkan taktik dan
strategi permainan ganda -
Menerapkan taktik dan
strategi permainan ganda campuran -
Memperlihatkan nilai
pantang menyerah dan jujur (fairplay) dalam permainan |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
kelas XI -
LKS -
Bat -
Meja Tenis -
Bola tenis meja -
Net |
7.3.
Mempraktikkan teknik
salah atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, percaya diri**) |
- Nomor lompat tinggi gaya flop |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang dasar-dasar teknik lompat tinggi gaya flop -
Secara bergantian
melakukan latihan lompat tinggi gaya flop dari ketinggian yang rendah
kemudian perlahan tingginya dinaikan secara bertahap |
-
Memahami nomor-nomor
pertandingan atletik -
Memahami konsep dasar
teknik lompat tinggi gaya flop -
Melakukan teknik dalam
nomor lompat tinggi gaya flop -
Memperlihatkan nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Tiang 2 -
Tali elastis -
Matras -
Meteran |
|
- Nomor lempar cakram gaya memutar |
-
Memahami konsep dasar
teknik lempar cakram mulai dari cara memegang,mengayunkan cakram kearah depan
dengan putaran searah jarum jam -
Secara bergantian
siswa berlatih melempar cakram menyamping tanpa awalan -
Secara bergantian
siswa berlatih melempar cakram dengan awalan dua kali putaran badan |
-
Memahami konsep dasar
teknik lempar cakram -
Melakukan teknik
lempar cakram gaya memutar -
Memperlihatkan nilai
kerjasama, keujuran, menghargai, semangat dan percaya diri |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Cakram -
Meteran |
7.4. Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu permainan olahraga bela
diri serta nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri.**) |
- Teknik serangan kaki - Teknik menghindar dari serangan kaki - Gerakan serang hindar secara berpasangan |
-
Secara klasikal
berlatih teknik menendang dengan kaki -
Secara bergantian
berlatih teknik menghindar dari serangan lawan, gerakan menghindar dapat dilakukan
dengan hindar kanan dan kiri satu langkah |
-
Memahami konsep dasar
teknik penyerangan dan menghindar dengan menggunakan kaki -
Melakukan teknik
penyerangan dengan menggunakan kaki -
Melakukan teknik
menghindar dari serangan dengan menggunakan kaki -
Melakukan gerak serang
hindar secara berpasangan -
Memperlihatkan nilai
kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Sasaran tendangan -
Pluit -
Stopwatch |
Standar
Kompetensi: 8. Meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan
cara pengukurannya dan nilai nilai yang
terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan /
Alat |
8.1 Mempraktikkan latihan sirkuit untuk
peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan
percaya diri |
- Latihan kebugaran jasmani |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran
jasmani -
Berlatih dengan
menggunakan metode sirkuit training untuk meningkatkan unsur-unsur kebugaran
jasmani, terdiri dari yaitu: pos 1
kelincahan, pos 2 ketepatan , pos 3 reaksi, pos 4 kekuatan, pos 5 kelentukan. |
-
Memahami konsep dasar
latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani -
Melakukan latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur kelincahan -
Melakukan latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur ketepatan -
Melakukan latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur reaksi -
Melakukan latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur kekuatan -
Melakukan latihan sirkuit
untuk meningkatkan unsur kelentukan -
Memperlihatkan nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
1x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Stopwatch |
8.2 Mempraktikkan peningkatan beban latihan
sirkuit untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri |
- Prinsip latihan peningkatan kebugaran |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar penambahan beban latihan sirkuit untuk
peningkatan kebugaran jasmani -
Berlatih dengan
menggunakan penambahan metode sirkuit training untuk meningkatkan unsur-unsur
kebugaran jasmani, terdiri dari yaitu:
pos 1 kelincahan, pos 2 ketepatan , pos 3 reaksi, pos 4 kekuatan, pos
5 kelentukan. |
-
Memahami konsep dasar
penambahan beban latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani -
Melakukan penambahan
beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kelincahan -
Melakukan penambahan
beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur ketepatan -
Melakukan penambahan
beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur reaksi -
Melakukan penambahan
beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kekuatan -
Melakukan penambahan
beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kelentukan -
Memperlihatkan nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
1x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Stopwatch |
8.3 Mempraktikkan tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan
percaya diri |
- Tes Kesegaran Jasmani |
-
Setelah melakukan
pemanasan siswa berkelompok melakukan tes kesegaran jasmani yang tediri dari:
lari cepat 50 meter, lompat jauh tanpa awalan, pull up, shuttle run 4 x 10
meter, situp 30 detik, lentuk togok, lari jauh -
Membuat laporan hasil
tes dan pengukuran kebugaran jasmani |
-
Memahami tata cara tes
dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani -
Melakukan tes
kesegaran jasmani -
Memperlihatkan nilai
tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Stopwatch -
Formulir TKJ |
Standar
Kompetensi: 9. Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan
dengan alat dan nilai nilai yang
terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan /
Alat |
9.1 Mempraktikkan keterampilan senam
ketangkasan dengan menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggungjawab, menghargai teman |
- Headspring di atas peti lompat |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar gerakan headspring -
Secara bergantian
siswa mencoba gerakan headspring dengan dibantu oleh temannya -
Setelah mampu
melakukan gerakan headspring dengan bantuan temannya, siswa mencoba gerakan
headspring tanpa bantuan temannya |
-
Memahami konsep dasar senam
lantai headspring -
Melakukan gerakan
senam headspring di atas peti lompat -
Memperlihatkan nilai
percaya diri, kerjaasama, tanggung jawab, menghargai teman |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
1x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Stopwatch -
Matras |
9.2 Mempraktikkan keterampilan senam
ketangkasan tanpa menggunakan alat
lanjutan serta nilai percaya
diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman |
- Handspring - Neck spring |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar handspring dan neck spring -
Setelah melakukan
pemanasan siswa berlatih gerakan handstand dengan bantuan temannya -
Siswa secara berkelompok
berlatih gerakan handspring yang tahapan gerakannya sebagai berikut:
melakukan awalan satu langkah, disertai lecutan kaki belakang dan kaki tumpu
secara berurutan -
Untuk persiapan
gerakan neckspring, siswa terlebih dahulu melakukan gerakan roll depan dan
roll belakang -
Siswa secara
berkelompok berlatih gerakan neckspring dengan tahapan sebagai berikut: tidur
terlentang, kedua kaki lurus, kedua lengan berada pada sisi badan, angkat
kedua kaki ke belakang dan lemparkan kedua kaki ke atas. |
-
Memahami konsep dasar senam
lantai handspring dan neck spring -
Melakukan gerakan
senam handspring dan neck spring -
Memperlihatkan nilai
percaya diri, kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
1x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Stopwatch -
Matras |
Standar
Kompetensi: 10. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat
dengan koordinasi yang baik dan nilai
yang terkandung
di dalamnya
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan /
Alat |
10.1 Mempraktikkan
koombinasi gerak berirama menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi
dan keluwesan |
- Rangkaian senam aerobik bervariasi |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar gerakan senam aerobik -
Secara berkelompok
siswa merangkai gerakan senam aerobik dan menampilkannya dengan diikuti oleh
teman-temannya |
-
Memahami konsep dasar
gerakan senam aerobik bervariasi secara berkelompok -
Merangkai gerakan
senam aerobik bervariasi secara berkelompok -
Memperlihatkan nilai
kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 (tentatif) |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Kaset -
Tape |
10.2
Merangkai aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan
keluwesan |
- Rangkaian senam aerobik bervariasi |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar gerakan senam aerobik -
Secara berkelompok
siswa merangkai gerakan senam aerobik dan menampilkannya dengan diikuti oleh
teman-temannya |
-
Memahami konsep dasar
gerakan senam aerobik bervariasi secara berkelompok -
Merangkai gerakan
senam aerobik bervariasi secara berkelompok -
Memperlihatkan nilai
kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 (tentatif) |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Kaset -
Tape |
Standar
Kompetensi: 11. Mempraktikkan
dasar pertolongan kecelakaan di air dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan /
Alat |
11.1 Mempraktikkan keterampilan kombinasi gerakan renang serta nilai
disiplin, kerja sama serta keberanian |
- Renang gaya dada |
-
Siswa menyimak
penjelasan tentang konsep dasar renang gaya dada -
Secara klasikal siswa
melakukan latihan pernapasan di pinggir kolam, yaitu: siswa berdiri di depan
dinding kolam kemudian menarik napas yang diambil dari mulut, seluruh kepala
masuk kemudian mengeluarkan napas secara pelan-pelan di dalam air melalui
hidung -
Secara bergantian
siswa berlatih gerakan kaki renang gaya dada -
Siswa berlatih
mengkombinasikan gerakan kaki dan tangan serta pernapasan. |
-
Memahami konsep dasar renang
gaya dada -
Melakukan renang gaya
dada -
Memperlihatkan nilai
disiplin, keberanian, kerjasama, dan kerja keras serta keberanian |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 (tentatif) |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Stopwatch -
Kolam renang |
11.2 Mempraktikkan keterampilan dasar
pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)
serta nilai
disiplin dan tanggungjawab |
- RJP - Penyelamatan di air |
-
Melakukan renang
pertolongan pada kecelakaan di air merupakan keterampilan renang lanjutan,
sebagai syarat utama bahwa penyelamat harus menguasai betul berbagai teknik
renang khususnya renang gaya dada. Dengan cara memegang korban yang dapat dilakukan
dengan satu tangan dari arah belakang korban -
Melakukan RJP pada
korban, yaitu: memindahkan korban ke tempat yang lebih aman, memberikan
bantuan RJP bagi korban henti napas dan jantung kemudian menutup korban
dengan selimut |
-
Memahami konsep dasar
pertolongan kecelakaan di air dengan sistem RJP -
Melakukan pertolongan
kecelakaan di air dengan sistem RJP -
Melakukan penyelamatan
kecelakaan di air -
Memperlihatkan nilai
disiplin dan tanggung jawab |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
2x45 (tentatif) |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Stopwatch -
Kolam renang |
Standar Kompetensi: 12. Mempraktikkan perencanaan dan
keterampilan penjelajahan, dan penyelamatan di alam bebas dan nilai-
nilai yang
terkandung di dalamnya***)
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan /
Alat |
12.1 Mempraktikkan keterampilan merencanakan
penjelajahan di perbukitan |
- Penjelajahan di perbukitan |
-
Secara berkelompok
siswa diberikan tugas untuk mengurus perijinan tentang rencana pendakian di
perbukitan -
Menentukan lokasi yang
aman dan nyaman -
Setiap siswa diberikan
tanggung jawab membawa perlengkapan dan logistik yang dibutuhkan penjelajahan
di perbukitan -
Melakukan penjelajahan
melewati bukit landai |
-
Merencanakan
penjelajahan -
Mengurus perijinan
untuk melakukan penjelajahan -
Memilih lokasi
perbukitan yang aman dan nyaman untuk penjelajahan -
Mengidentifikasi
peralatan yang dibutuhkan pada penjelajahan -
Menentukan kebutuhan
logistik yang dibutuhkan pada penjelajahan -
Melakukan penjelajahan
melewati bukit. |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
4x45 (tentatif) |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Stopwatch |
12.2
Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di
perbukitan serta nilai disiplin,
tanggungjawab dan keselamatan |
- Penyelamatan penjelajahan |
-
Secara berkelompok
siswa mengidentifikasi jenis kecelakaan pada penjelajahan di perbukitan -
Siswa berlatih
melakukan evakuasi korban kecelakaan diperbukitan menggunakan peralatan
sederhana |
-
Memahami penyelamatan
penjelahan di perbukitan -
Mengidentifikasi jenis
kecelakaan pada penjelajahan di perbukitan -
Melakukan evakuasi
korban kecelakaan di perbukitan dengan menggunakan peralatan sederhana -
Memperlihatkan nilai
disiplin, tanggung jawab dan keselamatan |
-
Tes perbuatan -
Tugas |
4x45 (tentatif) |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS -
Pluit -
Stopwatch |
Standar Kompetensi: 13. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / Bahan /
Alat |
13.1 Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk
kesehatan |
- Pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan |
-
Siswa melakukan
diskusi kelompok tentang pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan -
Siswa melakukan
diskusi kelompok untuk merumuskan kegiatan yang dapat dimanfaatkan untuk
kesehatan diantaranya mengidentifikasi jenis makanan yang sehat, cara hidup
teratur, rutin berolahraga, menghindari pergaulan yang tidak baik |
-
Mendefinisikan
pengertian pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan -
Mengklasifikasikan
jenis kegiatan pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan |
-
Laporan hasil diskusi |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS |
13.2 Menerapkan pola hidup sehat |
- Pola Hidup Sehat |
-
Melakukan diskusi
kelompok, siswa merumuskan daftar kegiatan selama 24 jam -
Mengkalsifikasi jenis
kegiatan yang dapat meningkatkan pola hidup sehat |
-
Menyusun daftar
kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat -
Melakukan evaluasi
mandiri terhadap rencana kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup
sehat -
Mengenakan pakaian
dalam kondisi bersih dan rapih -
Mengkonsumsi makanan
dan minuman yang bergizi dan sehat |
-
Laporan hasil diskusi -
makalah |
2x45 |
-
Buku Penjasorkes SMA
Kelas XI -
LKS |
Mengetahui, Kepala Sekolah Drs. Asep Kurnia,
M.Pd. NIP. 19630725 198903
1 006 |
Purwakarta, Juli 2012 Guru Mata
Pelajaran Apriadi Manan
F, S.Pd. NIP. 19820416
200604 1 008 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar